Minggu, 11 Maret 2012

Kilas Balik

       Akhir tahun 2006, berdirilah sebuah komunitas film dikampus FISIP USU. Komunitas film ini bernama MAGACiNE singkatan dari mahasiswa gandrung cinema. Magacine merupakan satu-satunya komunitas film di USU dan yang pertama bahkan sejak dept. ilmu komunikasi dibuka pada tahun 1980.  

      Magacine dibentuk dan didirikan oleh 3 orang mahasiswa baru dept. ilmu komunikasi waktu itu. Mereka adalah Ade Ardianta, Ryan A. Juskal dan Hadlinsyah pratama. Nama Magacine sendiri merupakan hasil usulan dari salah satu orang tua dari anggota awal magacine yaitu saudara M. Gizhan Tamimi. Dikarenakan nama sebelumnya yaitu IMAGIF (ikatan mahasiswa gila film) dianggap kurang menarik oleh IMAJINASI (ikatan mahasiswa jurusan ilmu komunikasi) tempat magacine bernaung.

         Film magacine pertama yg berjudul "Ucok in Medan" di putar pada bulan Oktober tahun 2006. Ucok in Medan pertama kali diputar pada acara Temu Ramah Balasan yg diselenggarakan oleh mahasiswa baru (stambuk '06 waktu itu) untuk menyambut para senioren. Film ini segera menuai pujian dari para penonton yang sebagian besar unsur senioren. dan nama Magacine pun segera bergaung.
Segera setelah itu terbitlah S.K MAGACiNE tepatnya pada tanggal 11 November 2006.

Total hingga saat ini magacine telah memproduksi 5 film, antara lain:
1. Ucok in Medan
2. Mengapa harus "D"
3. Medan dulu Medan sekarang (Film Dokumenter)
4. Ada titik awal tiada titik akhir
5. Sekolah Seberang (Film Dokumenter)

Dalam keseharian nya MAGACiNE dikawal oleh beberapa bidang:
  • Bidang perkaderan ( bidang ini mengawal proses perekrutan anggota baru sampai transfer ilmu antara senior kepada junior tetap berjalan )
  • Bidang Kekaryaan ( bidang ini mengawal proses produksi magacine selain film seperti baju, pin, stiker untuk pemberdayaan anggota dan hasilnya kembali untuk anggota magacine sendiri )
  • Bidang Inventaris dan peralatan ( bidang ini mengawal proses inventarisasi dan pengadaan alat-alat Magacine )
  • Bidang Infokom ( bidang ini mengawal proses informasi & komunikasi baik kedalam maupun keluar Magacine )
  • Bidang Diklat ( bidang ini mengawal proses pendidikan & pelatihan seluruh keluarga besar Magacine )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar